Sabtu, 20 April 2024
  • (0473) 21188
  • rsud@luwuutarakab.go.id

Direktur RSUD Andi Djemma Masamba Bantah Telantarkan Pasien

Direktur RSUD Andi Djemma Masamba Bantah Telantarkan Pasien dr. Hariadi, M.Kes Bantah Telantarkan Pasien

Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, Kabupaten Luwu Utara, dr Hariadi, membantah kabar penelantaran pasien yang bernama Riyan, warga Desa Cendana Putih Kecamatan Mappadeceng Kabupaten Luwu Utara, Sulsel.

Menurutnya, bukan ditelantarkan. Namun kondisi luka yang dialami pasien memang yang diharuskan untuk tidak langsung dijahit setelah dibedah.

“Kami tidak menelantarkan atau melakukan pembiaran pasien. Saya sudah komunikasikan kepada kedua dokter spesialis ahli bedah yang menangani pasien bersangkutan, dr Aris dan dr Wawan, menyebukan luka pasien tidak seperti luka biasanya,” ujarnya.

Luka itu memang dibiarkan terbuka tidak dijahit, agar jaringan yang mati bisa keluar sampai timbul jaringan baru, lalu lukanya ditutup kembali.

“Itu protapnya untuk luka yang dialami pasien. Mereka sudah bekerja sesuai profesinya dan SOP yang ada. Itu sudah kami sampaikan kepada keluarga pasien tadi pagi,” ujarnya, Senin malam, 3 Juli 2017.

Ia menyebutkan, kondisi yang dialami korban Riyan itu dinamakan kondisi pasien rawat terbuka. Hal tersebut hanya dokter yang mengerti. Kalau masyarakat awam tidak memahami hal itu.

“Kami siap memberikan penjelasan jika ada pihak yang bertanya soal itu,” ucapnya.


Sumber : tekape.co