Sabtu, 27 April 2024
  • (0473) 21188
  • rsud@luwuutarakab.go.id

Pengajian Rutin BKMT Permata RSUD Andi Djemma

Pengajian Rutin BKMT Permata RSUD Andi Djemma Qurban Sesuai Sunnah - Pengajian Rutin BKMT Permata RSUD

RSUD.LUWUUTARAKAB.GO.ID – Bulan Dzulhijah adalah bulan di mana seseorang dapat memperbanyak amalan. Bulan di mana seorang dapat melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu. Bulan di mana terdapat amalan shiyam sunnah Arafah di dalamnya. Dan bulan disembelihnya hewan Qurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ‘azza wa jalla.

Seorang Muslim ketika mendapati sebuah amal ibadah, seharusnya dapat mengerti dahulu bagaiamana ketentuan-ketentuan di dalamnya dan maksud tujuannya. Hal ini di samping agar ibadah yang dilakukan dapat diterima, juga memantapkan hati saat melaksanakannya. Selain itu juga dapat menambah wawasan seorang Muslim dalam ibadah tersebut.

Menyikapi pentingnya pengetahuan tentang qurban, BKMT Permata RSUD Andi Djemma melaksanakan pengajian rutin bertemakan Qurban. Sebagai informasi awal atau pengetahuan dasar bagaimana seharusnya berqurban sesuai tuntunan Rasulullah.

Tanya jawab dalam pengajian rutin yang diadakan BKMT Permata RSUD Andi Djemma membedah permasalahan seputar udhiyah (sebutan lain Qurban dalam syari'at) mulai dari makna dan sebab penamaannya, hingga hukum-hukum di dalamnya, baik yang lazim terdengar maupun tidak.  Diharapkan kajian ini, dapat memperkaya pengetahuan ummat muslim tentang masalah udhiyah, di samping pengetahuan lain yang sudah diperoleh dari sumber-sumber yang lain.